Sambutan dan Biodata Kepala Sekolah

H. Sukarni Chandra, S.Pd., M.Pd.
Tempat dan Tanggal lahir
- Tempat Lahir: Teluk Bayuk, kab. Berau
- Tanggal lahir: 23 Desember 1973
Riwayat Pendidikan
- Sekolah Dasar (SD) No.1 Tg. Redeb Berau pada tahun 1986
- SMP Negeri 1 Tg. Redeb Berau pada tahun 1989
- SMEA Negeri 1 Jurusan Akuntansi pada tahun 1992
- S1 Pendidikan Dunia Usaha IKIP PGRI Kaltim pada tahun 1999
- S2 Magister Pendidikan Universitas Mulawarman pada tahun 2022
Pengalaman Mengajar
- Guru Kewirausahaan SMK Negeri 5 Balikpapan (2000-2003)
- Guru Marketing SMK Negeri 3 Balikpapan dan Waka Kurikulum (2003-2013)
- Guru Bisnis Daring dan Pemasaran dan Waka Kurikulum SMK Negeri 2 Balikpapan (2013-2022)
- Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Balikpapan (2022-sekarang).
Piagam Yang Pernah Diperoleh
- Finalis Lomba Keberhasilan guru dalam pembelajaran
- Juara II Guru Berprestasi Kota Balikpapan
- Juara I Pendamping LKS tingkat Provinsi
- Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun
- Kepala Sekolah Berprestasi Tingkat Provinsi Kalimantan Timur
Diklat Yang Pernah Diikuti
- Diklat Asessmen Asessor
- Diklat Asessmen Kompetensi Bisnis Digital Ekspor Internasional
- Diklat Asessmen Kompetensi Kasir
- Diklat Asessmen Kompetensi Pramuniaga
- Diklat CKS (Calon Kepala Sekolah)
- Diklat LEMHANAS
Sambutan Kepala Sekolah
SMK Negeri 3 Balikpapan terletak di Kota Balikpapan yang dikenal sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur sejak dibangunnya Bandara Internasional di kota Balikpapan. Berpotensi mengembangkan keseimbangan antara sikap, pengetahuan dan keterampilan spiritual dan sosial, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat; menempatkan sekolah sebagai bagian dari komunitas yang memberikan pengalaman belajar, sehingga siswa mampu menerapkan apa yang dipelajari di sekolah kepada masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar; memberikan waktu luang yang cukup untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan; mengembangkan kompetensi yang dinyatakan dalam bentuk hasil belajar yang dirinci lebih lanjut dalam mata pelajaran; mengembangkan hasil belajar menjadi unsur pengorganisasian (organizing elements) kompetensi. Mengembangkan kompetensi berdasarkan prinsip akumulatif, saling menguatkan (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
Sekolah yang baik pola pembelajarannya adalah berpusat pada peserta didik, interaktif (interaktif guru-siswa-masyarakat-lingkungan alam, sumber/media lain), pembelajaran berjejaring, belajar mandiri dan kelompok (berbasis tim), berbasis multimedia, penguatan pola mempelajari berbagai ilmu (multidisiplin), dan penguatan pola pembelajaran kritis. Didukung sarana dan prasarana yang ideal (ketersediaan ruang belajar, ruang praktik dan area terbuka) menjadi penunjang utama terciptanya proses pembelajaran yang baik. Sebagai SMK harus mampu menyalurkan lulusan sesuai kompetensi keahliannya dengan menjalin jaringan dengan DUDIKA terkait (Dunia Usaha, Dunia Industri, Dunia Kerja).